Ketika
itu, Kanjeng Sunan Kalijaga yang juga dijuluki Syech Malaka berniat
hendak pergi ke Mekkah. Tetapi, niatnya itu akhirnya dihadang Nabi
Khidir. Nabi Khidir berpesan hendaknya Kanjeng Sunan Kalijaga
mengurungkan niatnya untuk pergi ke Mekkah, sebab ada hal yang lebih
penting untuk dilakukan yakni kembali ke pulau Jawa. Kalau tidak, maka
penduduk pulau Jawa akan kembali kafir.
Bagaimana
wejangan dari Nabi Khidir pada Kanjeng Sunan Kalijaga? Hal itu
tercetus lewat Suluk Linglung Sunan Kalijaga. Inilah kutipan
wejangannya:
Birahi ananireku,
aranira Allah jati.
Tanana kalih tetiga,
sapa wruha yen wus dadi,
ingsun weruh pesti nora,
ngarani namanireki
aranira Allah jati.
Tanana kalih tetiga,
sapa wruha yen wus dadi,
ingsun weruh pesti nora,
ngarani namanireki
Timbullah
hasrat kehendak Allah menjadikan terwujudnya dirimu;
dengan adanya
wujud dirimu menunjukkan akan adanya Allah dengan sesungguhnya;
Allah
itu tidak mungkin ada dua apalagi tiga. Siapa yang mengetahui asal
muasal kejadian dirinya, saya berani memastikan bahwa orang itu tidak
akan membanggakan dirinya sendiri.
Sipat jamal ta puniku,
ingkang kinen angarani,
pepakane ana ika,
akon ngarani puniki,
iya Allah angandika,
mring Muhammad kang kekasih.
ingkang kinen angarani,
pepakane ana ika,
akon ngarani puniki,
iya Allah angandika,
mring Muhammad kang kekasih.
Ada
pun sifat jamal (sifat terpuji/bagus) itu ialah, sifat yang selalu
berusaha menyebutkan, bahwa pada dasarnya adanya dirinya, karena ada
yang mewujudkan adanya. Demikianlah yang difirmankan Allah kepada Nabi
Muhammad yang menjadi Kekasih-Nya:
Yen tanana sira iku,
ingsun tanana ngarani,
mung sira ngarani ing wang,
dene tunggal lan sireki iya Ingsun iya sira,
aranira aran mami
ingsun tanana ngarani,
mung sira ngarani ing wang,
dene tunggal lan sireki iya Ingsun iya sira,
aranira aran mami
Kalau
tidak ada dirimu, Allah tidak dikenal/disebut-sebut; Hanya dengan
sebab ada kamulah yang menyebutkan keberadaan-Ku; Sehingga kelihatan
seolah-olah satu dengan dirimu. Adanya AKU, Allah, menjadikan dirimu.
Wujudmu menunjukkan adanya Dzatku
Tauhid hidayat sireku,
tunggal lawan Sang Hyang Widhi,
tunggal sira lawan Allah,
uga donya uga akhir,
ya rumangsana pangeran,
ya Allah ana nireki.
tunggal lawan Sang Hyang Widhi,
tunggal sira lawan Allah,
uga donya uga akhir,
ya rumangsana pangeran,
ya Allah ana nireki.
Tauhid
hidayah yang sudah ada padamu, menyatu dengan Tuhan. Menyatu dengan
Allah, baik di dunia maupun di akherat. Dan kamu merasa bahwa Allah itu
ada dalam dirimu
Ruh idhofi neng sireku,
makrifat ya den arani,
uripe ingaranan Syahdat,
urip tunggil jroning urip sujud rukuk pangasonya,
rukuk pamore Hyang Widhi
makrifat ya den arani,
uripe ingaranan Syahdat,
urip tunggil jroning urip sujud rukuk pangasonya,
rukuk pamore Hyang Widhi
Ruh
idhofi ada dalam dirimu. Makrifat sebutannya. Hidupnya disebut
Syahadat (kesaksian), hidup tunggal dalam hidup. Sujud rukuk sebagai
penghiasnya. Rukuk berarti dekat dengan Tuhan pilihan.
Sekarat tananamu nyamur,
ja melu yen sira wedi,
lan ja melu-melu Allah,
iku aran sakaratil,
ruh idhofi mati tannana,
urip mati mati urip.
ja melu yen sira wedi,
lan ja melu-melu Allah,
iku aran sakaratil,
ruh idhofi mati tannana,
urip mati mati urip.
Penderitaan
yang selalu menyertai menjelang ajal (sekarat) tidak terjadi padamu.
Jangan takut menghadapi sakratulmaut, dan jangan ikut-ikutan takut
menjelang pertemuanmu dengan Allah. Perasaan takut itulah yang disebut
dengan sekarat. Ruh idhofi tak akan mati; Hidup mati, mati hidup
Liring mati sajroning ngahurip,
iya urip sajtoning pejah,
urip bae selawase,
kang mati nepsu iku,
badan dhohir ingkang nglakoni,
katampan badan kang nyata,
pamore sawujud, pagene ngrasa matiya,
Syekh Malaya (S.Kalijaga) den padhang sira nampani,
Wahyu prapta nugraha.
iya urip sajtoning pejah,
urip bae selawase,
kang mati nepsu iku,
badan dhohir ingkang nglakoni,
katampan badan kang nyata,
pamore sawujud, pagene ngrasa matiya,
Syekh Malaya (S.Kalijaga) den padhang sira nampani,
Wahyu prapta nugraha.
mati
di dalam kehidupan. Atau sama dengan hidup dalam kematian. Ialah hidup
abadi. Yang mati itu nafsunya. Lahiriah badan yang menjalani mati.
Tertimpa pada jasad yang sebenarnya. Kenyataannya satu wujud. Raga
sirna, sukma mukhsa. Jelasnya mengalami kematian! Syeh Malaya
(S.Kalijaga), terimalah hal ini sebagai ajaranku dengan hatimu yang
lapang. Anugerah berupa wahyu akan datang padamu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar